Membuat Lampu Hazard di Honda New Megapro

Akhir-akhir ini saya sedang senang membaca artikel seputar motor-motor keluaran tahun 2018, segala jenis teknologi canggih dari mesin sampai fitur keselamatan seperti ABS pun tersedia. Namun ada yang unik ternyata dibeberapa merek dan tipe motor ada yang sudah dilengkapi dengan lampu hazard. Biasanya lampu hazard hanya ada di kendaraan roda empat atau lebih. Motor-motor yang sudah dilengkapi dengan lampu hazard yaitu yamaha mio S, R15, Lexi, all new vixion, dan X-Ride, kalau di honda baru PC-X saja yang terdapat lampu hazard

Setelah membaca artikel tentang lampu hazard pada motor-motor keluaran terbaru saya pun tertarik untuk membuat sendiri lampu hazard dimotor saya yaitu, honda new megapro keluaran tahun 2010. Langsung saja saya googling-googling cara membuat lampu hazard disepeda motor, caranya pun beragam, namun setelah saya buka dari beberapa artikel saya menemukan cara yang pas yang saya contoh caranya dari artikel degineering.blogspot.com, menurut saya gampang dan sesuai dengan yang saya inginkan. 

Maksud dari yang saya inginkan adalah ketika saklar tambahan untuk hazard dihidupkan maka seluruh lampu sein hidup. Karena selama ini ada tiga cara yang saya ketahui, tapi menurut saya ribet dan tidak praktis. Cara pertama, menyatukan kabel sein kanan dengan sein kiri dengan saklar tambahan, lalu untuk menghidupkan keempat buah lampu sein harus menghidupkan saklar sein, saklar sein kanan atau sein kiri. Cara tersebut tidak praktis karena harus dua kali langkah, menghidupkan saklar sein baru saklar hazard

Cara kedua membuat lampu hazard dengan menambah flasher sein dan saklar hazard, cara ini dibutuhkan banyak kabel, dioda, dan banyak sambungan, lagipula akan mengeluarkan ongkos lebih. Ketiga ada yang menjual flasher khusus lampu hazard banyak dijual di toko asesoris sepeda motor, tapi menurut saya ribet juga, karena harus cari tempat untuk flasher hazard dan banyak sambungan. Kalau kualitas flasher hazard tersebut jelek akan cepat error. Saya pernah menggunakannya dan kesemprot air saat hujan dan saat mencuci motor, jadi kedipannya kadang lambat kadang cepat. 

Cara keempat inilah yang menurut saya pas dan praktis, tidak perlu flasher tambahan, atau sambungan lainnya. Hanya perlu mengganti flasher, saklar tambahan untuk hazard dan kabel secukupnya. 

Untuk membuat lampu hazard kali ini alat dan perlengkapan yang dibutuhkan adalah :

1. Kabel secukupnya
2. Solder + timahnya
3. Isolasi kabel
4. Saklar tambahan
5. Flasher aftermarket
6. Lem tembak

Pertama-tama kita cari tiga kabel utama dari flasher dan menuju kedua lampu sein kanan dan kiri, disetang sebelah kiri terdapat kumpulan kabel yang dibalut selang karet warna hitam. Bukalah selang tersebut dengan cutter atau gunting, buka secukupnya jangan terlalu lebar yang penting kabelnya terlihat dan mudah untuk melakukan penyambungan nanti. Setelah selang pembungkus kabel tersebut dibuka tampak kabel dengan beragam warna dan dengan fungsinya masing-masing. 

selang karet warna hitam yang berisi kabel berbagai fungsi

Untuk membuat lampu hazard cari tiga buah kabel yang berfungsi untuk sein, kabel warna abu-abu, oranye, dan biru muda. Tiga kabel tersebut yang akan dikupas dan disambungkan dengan saklar tambahan. Oh ya, setiap merek motor punya warna dan arti kabel yang berbeda-beda, untuk mengetahuinya bisa dicari di google. Berhubung saya sering mengutak-atik sepeda motor merek honda jadi saya hafal warna dan tujuan kabel tersebut. 

Sebelumnya bila flasher sein motor masih orisinil, harus diganti dengan flasher aftermarket yang banyak dijual dipasaran. Karena flasher orisinil tidak bisa untuk menghidupkan keempat lampu sein secara bersamaan, hanya untuk salah satu sisi sein saja kanan atau kiri. 

mengganti flasher orisinil dengan flasher aftermarket agar keempat lampu bisa berkedip bersamaan

Saya mengupas kabel warna abu-abu, kabel ini positif dari flasher sein bawaan motor, kemudian kupas kabel warna oranye, kabel ini untuk lampu sein kiri, dan kupas kabel warna biru muda untuk lampu sein kanan. Jangan dipotong cukup dikupas saja sampai terlihat tembaganya, karena akan dilakukan penyambungan ke saklar tambahan. 


Setelah dikupas sediakan kabel tambahan secukupnya, yang penting cukup untuk memposisikan saklar tambahan nanti. Sambung kabel tambahan yang sudah disediakan tadi ke kabel yang sudah dikupas. Sambung dan setelah itu disolder supaya kuat dan tidak kendor. Setelah disolder dengan kuat, balut dengan isolasi kabel dengan rapih dan rapat agar tidak terjadi korsleting atau kejadian yang tidak diinginkan. 

Sambungkan tiga kabel yang sudah disambungkan tadi ke saklar tambahan, saklar yang saya gunakan adalah saklar tiga kaki. Saklar tiga kaki tersebut ada kabel warna merah, putih, dan biru. Kabel merah saya sambungkan dengan kabel positif flasher, kabel biru saya sambungkan dengan sein kanan, dan kabel putih saya sambungkan dengan sein kiri. Lalu saya tes dan berhasil, lampu hazard berhasil dihidupkan. Sudah dipastikan tidak ada yang kendor dan solderan sudah merekat kuat, semua bagian yang dikupas dibalut dengan isolasi kabel.

kabel tambahan yang akan disambungkan ke saklar hazard dan sudah diisolasi dengan rapih.

saklar hazard telah disambung dengan kabel tambahan tadi dan jangan lupa disolder dan diisolasi

Setelah semua diisolasi dengan rapih, posisikan saklar hazard ditempat yang mudah dijangkau. Tempelkan dengan lem tembak atau lem silikon. Kalau motor bebek atau motor matic lebih banyak space untuk menempatkan saklar hazardnya, karena sebagian besar bodi, jadi tinggal lubangi saja dengan bor.

memposisikan saklar hazard agar mudah dijangkau


Mudah-mudahan dari artikel ini cukup jelas dan membantu anda untuk membuat lampu hazard di sepeda motor kesayangan anda. Terimakasih.




Comments

Popular posts from this blog

Ganti Pompa Bensin Kijang Innova Generasi Awal

Menghilangkan Jamur & Waterspot Pada Kaca Mobil Kesayangan Anda

Saatnya Service Besar