Saatnya Service Besar

Seringnya pergi pulang bintaro - purwakarta sudah pasti jarak tempuh di odometer cepat naik. Maklum bintaro - purwakarta jaraknya kira-kira 100 kilometer. Jalan tol JORR, jakarta-cikampek, purbaleunyi merupakan makanan sehari-hari. Saat melewati ruas tol jakarta cikampek kadang menjadi momen yang melelahkan, adanya proyek jalan tol dan LRT menjadikan ruas tol tersebut sering mengalami kemacetan parah. Namun karena proyeknya di luar kota ya nikmati saja. Jangan dibawa stress, nanti malah sakit. 

Tidak terasa seringnya pergi pulang bintaro purwakarta odometer mobil telah menunjukkan saatnya servis besar. Karena hari ini saya kosong langsung saja saya bawa mobil kesayangan saya ke bengkel. Untuk servis kali ini saya mendatangi bengkel teman saya di daerah pondok cabe, tangerang selatan. Servis besar itu meliputi penggantian oli mesin, oli gardan, oli gearbox, dll.



Langkah pertama yang dilakukan adalah pengecekan mesin :

Ganti Oli Mesin. Setiap 5000 km oli mesin harus diganti, supaya mesin tetap sehat dan bertenaga. Saya menggunakan oli standar pabrikan toyota yaitu TMO. Untuk ukuran innova bensin oli yang dibutuhkan sekitar 5 liter. Tidak hanya oli mesin saja, tetapi filternya pun ikut diganti. Penggantian filter oli setiap 10.000 km atau 20.000 km, tetapi tergantung kepada kondisi pemakaian mobil. Mengganti filter oli dengan rutin penting supaya proses pelumasan dalam mesin sempurna tanpa adanya kotoran-kotoran yang dapat mengganggu kerja mesin. 

Sambil menunggu oli lama yang sedang ditiriskan, si montir pun memeriksa busi, ada empat buah busi dan dicek satu persatu. Ternyata kondisi busi sudah saatnya diganti, pala businya sudah sedikit miring yang menjadikan api tidak lurus namun menyebar yang dapat mengganggu proses pembakaran bahan bakar. Keempat buah busi itupun diganti. Saya menggunakan busi denso dengan kode K20HR-U11. 

Setelah mengganti busi, filter udara dicek. Ternyata masih bagus dan belum saatnya ganti. Oleh si montir hanya disemprot saja dengan angin dari kompresor. Kebersihan filter udara juga harus diperhatikan, karena filter udara yang kotor menurunkan performa mesin, efeknya kalau digas mesin seperti berat dan susah untuk diajak ngebut. Selain itu filter mesin yang selalu bersih akan melindungi mesin dari kotoran seperti debu.

Oh iyaa, saya pun meminta si montir mengecek filter bensin, karena kalau lagi jalan mobil seperti tersendat-sendat seolah-olah suplai bahan bakar ke mesin terhambat. Setelah filter bensin dicek benar saja, sisa bensin yang keluar dari filter bensin itu warna hitam pekat seperti campur pasir dan karat. Memang sudah saatnya ganti, dari beli gress mobil ini belum pernah diganti. Kotornya filter bensin tersebut mengingat kualitas bensin di setiap pom berbeda-beda, bensinnya sih bersih tapi ruang cadangan bbm pombensinnya barangkali kotor.

oli gardan TMO 1L

Seluruh bagian mesin pun telah diperiksa, oli mesin yang baru sudah diisi, filter bensin baru, empat buah busi telah terpasang. Namun sebelum dihidupkan mesin disemprot dengan engine cleaner, yaitu cairan foam yang fungsinya membersihkan ruang bakar. Cairan foam tersebut akan bereaksi setelah mesin dihidupkan dan dari knalpot akan keluar asap putih tebal beberapa saat, dan itulah terjadi proses pembersihan ruang bakar.

oli mesin TMO 4L & 1L serta empat buah busi denso K20HR-U11


Mesin sudah beres, sekarang kita lanjut ke bagian kaki-kaki.

Pertama yang dikuras adalah oli gearbox atau transmisi, ngomong-ngomong innova yang saya pakai transmisinya manual. Untuk mengeluarkan oli gearbox tersebut si montir pun harus ngolong dan melepas dua baut, baut masuk dan baut keluar. Ada tiga pilihan oli gearbox yaitu shell spirax, pertamina rored, dan TMO gear oil. SAE ketiga oli tersebut sama yaitu 90, namun saya memilih yang TMO saja. Untuk pertamina rored karakter olinya lebih kental dan direkomendasikan untuk mobil-mobil generasi lawas atau tahun 2000 ke bawah. Untuk oli gearbox yang dibutuhkan kijang innova sebanyak tiga liter. Untuk penggantian oli gearbox ini disarankan setiap 40.000 km.

Oli gearbox sudah diganti, sekarang pindah ke belakang yaitu oli gardan. Oli gardan yang saya gunakan juga sama yaitu TMO gear oil dengan SAE 90. Untuk oli gardan penggunaannya lebih sedikit, lebih kurang dua liter setengah, karena saya beli tiga liter hanya terpakai dua botol dan satu botol terpakai setengah. Oli gardan diganti setiap 40.000 km. Gejala awal bila oli gardan perlu diganti adalah timbul suara dengung saat mobil sedang melaju kencang diatas 80 km/jam. 

Oli transmisi dan oli gardan telah diganti. Mesin pun juga sudah beres semua. Sekarang mobil saya kembali seperti baru, tarikan enteng, suara mesin lembut, perpindahan gigi pun halus. 


Berikut total biaya yang saya keluarkan untuk servis besar dan penggantian spare parts toyota kijang innova G bensin 2014.

  1. Oli Mesin TMO 4 liter : Rp 275.000 
  2. 2 liter Oli Mesin TMO : Rp 150.000 (1 liter : Rp 75.000)
  3. Filter oli Innova bensin original : Rp 55.000
  4. Busi Denso K20HR-U11 : Rp 31.250 (4 buah : Rp 125.000)
  5. Engine Cleaner : Rp 80.000
  6. Oli Transmisi TMO gear oil satu botol isi 1 liter : Rp 90.000 (3 liter : Rp 180.000)
  7. Oli Gardan TMO gear oil satu botol isi 1 liter : Rp 90.000 (3 liter : Rp 180.000)
  8. Radiator Coolant TMO satu galon 4 liter : Rp 110.000 (2 galon : Rp 220.000)
  9. Filter bensin : Rp 150.000
  10. Jasa montir : Rp 300.000
Total : Rp 1.565.000 




Comments

Popular posts from this blog

Ganti Pompa Bensin Kijang Innova Generasi Awal

Menghilangkan Jamur & Waterspot Pada Kaca Mobil Kesayangan Anda