Ganti Pompa Bensin Kijang Innova Generasi Awal

Sehari sebelum mobil saya mogok hal-hal yang tidak beres sempat terjadi, seperti mesin sulit distarter padahal aki masih bagus, mesin agak ngelitik, kalau digas tersendat-sendat seperti mobil yang akan kehabisan bensin, dan ketika mesin sedang langsam menyala tiba-tiba mati sendiri. Keesokan harinya benar, ketika saya menghidupkan mobil tidak bisa alias mogok, mesin berkali-kali distarter tetap tidak hidup. Dan kalau saya analisa bunyi starter mobil kosong seperti tidak adanya suplai bbm ke mesin. Daripada buang-buang setrum aki yang nantinya bisa soak lebih baik saya periksa lebih dalam lagi. Ngomong-ngomong mobil saya Kijang Innova tipe G bensin tahun 2006.

Pertama-tama saya periksa filter bensin yang di luar posisinya dibalik kap mesin dekat aki. Saya lepas dan ternyata filter bensin tersebut kotor, lalu saya bersihkan dengan bensin dan disemprot dengan angin kompresor. Sudah dibersihkan dan saya pasang kembali lalu saya starter mobil hampir nyala tapi agak tersendat-sendat, setelah itu mati total. Daripada bingung saya minta tolong teman, dia seorang montir disebuah perusahaan jasa rental mobil, kebetulan hari itu hari libur dia pun bersedia untuk menyervis mobil saya. 

filter bensin kijang innova, posisinya ada didekat aki
foto : http://otodiy.blogspot.co.id
Teman saya datang ke rumah dengan membawa peralatan bengkel komplit seperti obeng, kunci pas, kunci inggris, tang, dsb. Langsung saja dia memeriksa kerusakan pada mobil saya, dia memeriksa sikring-sikring ternyata tidak ada masalah khususnya sikring pompa bensin. Lalu mobil saya dicoba untuk distarter dan dari situ dia menemukan kejanggalan, suara pompa bensin tidak terdengar dan kemungkinan kerusakan terjadi dipompa bensin. Untuk memastikan lagi dia memutuskan untuk memeriksa pompa bensin yang terdapat dalam tangki bensin. 

Untuk melepas tangki bensin Kijang Innova dibutuhkan minimal dua orang, karena tangki bensin itu sendiri bobotnya berat apalagi jika sedang penuh. Saya bantu teman saya untuk melepas tangki bensin tersebut. Peralatan yang dibutuhkan untuk melepas tangki bensin adalah tang, papan kayu atau balok kayu, kunci pas, dongkrak, dan dua buah jackstand. Posisi tangki bensin kijang innova ada disebelah kiri jadi sisi kiri mobil harus lebih tinggi dan didongkrak supaya leluasa untuk melepas tangki bensinnya. 
proses pelepasa tangki bensin

tangki bensin kijang innova kapasitanya kurang lebih 60 ltr


Tangki bensin sudah dilepas, cukup berat memang karena isinya lumayan penuh. Ada dua buah braket penyambung tangki bensin yang dibaut ke sasis, tinggal lepas bautnya, lepas selang-selang menuju tangki dan menuju mesin. Setelah tangki turun, terlihat soket dan lingkaran tempat pompa bensin itu berada. Sebelum dilepas sebaiknya koneksi aki dicopot sementara untuk menghindari arus pendek atau kesetrum. Saya lepas semua baut dan soket-soketnya dan pompa bensin pun terlihat. Saat pompa bensin itu diangkat, diwadah penampungnya terdapat pasir dan kotoran lainnya seperti karat. Filternya pun sangat kotor berwarna coklat pekat seperti karat. Mungkin filter yang tersumbat kotoran salah satu penyebab mogoknya mobil saya. 

tangki bensin kijang innova baru saja dilepas


Pompa bensin sudah terlepas dari wadah penampungnya, lalu dicek apakah nyala atau tidak. Dengan menyambungkan kutub postif dan negatif pompa bensin ke aki maka pompa bensin dapat bekerja. Power yang dibutuhkan oleh pompa bensin 12 volt, sambungkan ke aki motor pun bisa. Namun setelah dicek menggunakan aki ternyata pompa bensin itu putarannya lemah dan lama-kelamaan mati total. Diagnosa teman saya benar bahwa penyebabnya adalah pompa bensin yang rusak. Pompa bensin tidak bisa diservis jadi harus beli baru, karena hari itu masih siang saya langsung pergi ke toko onderdil untuk beli pompa bensin baru.

Pompa bensin yang rusak (lama) disebelah kirinya adalah filter yang ikut direndam dalam tangki, kondisinya sangat kotor
Sampai di toko onderdil mobil di daerah Ciputat, Tangerang Selatan saya langsung menunjukkan contoh pompa bensin innova bensin ke penjual onderdil tersebut. Saya disuguhkan beberapa merek dengan beragam harga dan kualitas, mulai dari kisaran Rp 150.000 - Rp 300.000. Saya minta merek bosch dan denso namun kata penjualnya stok lagi kosong, akhirnya saya beli yang merek Stecker dengan harga Rp 275.000. Sebelum dibawa pulang pompa tersebut dites dan hidup. Dalam kemasan pompa bensin itu terdiri dari satu buah pompa bensin, soket-soket, dan sebuah filter bensin, tidak dijual terpisah. 
pompa bensin baru beserta soket-soketnya dan filternya.

Sampai di rumah pompa bensin yang saya beli tadi langsung dipasang oleh teman saya. Namun sebelum pompa dipasang tangki bensin diperiksa dulu apakah ada kotoran atau tidak. Setelah dicek ternyata di dasar tangki tidak ada kotoran yang parah, hanya sedikit pasir yang gak jadi masalah. Yang dibersihkan hanya wadah penampung tempat dipasangnya pompa bensin dan filternya. Pompa bensin dan filternya itu pun kemudian dipasang. 

Pompa bensin sudah terpasang, sekarang saatnya memasang kembali tangki bensin ke posisinya. Memang sedikit rumit untuk memasang kembali tangki bensin itu, apalagi jika bensinnya lagi penuh maka sangat berat. Tangki bensin telah terpasang dan selang-selang yang menuju tangki dan menuju mesin sudah dipasang seperti semula. Tinggal tester. Akhirnya mobil saya hidup kembali. 

Mogok karena pompa bensin rusak terjadi sangat wajar, karena sudah sepuluh tahun lebih pompa bensin mobil ini belum pernah ganti. Jadi rusak karena usia pakai. Untuk menjaga kebersihan tangki bensin dan filternya sebaiknya hindari bensin jenis premium. Selain itu pintar-pintar memilih pombensin, supaya kotoran yang berasal dari penyimpanan bbm pombensin tidak terbawa masuk ke tangki mobil kita yang dapat mengotori filter bensin. 


Comments

Popular posts from this blog

Menghilangkan Jamur & Waterspot Pada Kaca Mobil Kesayangan Anda

Saatnya Service Besar